PERESMIAN CENTER PEKKA MARLENA, JAWA TIMUR

Direktur PEKKA Nani Zulminarni meresmikan Center Serikat Pekka Marlena Bangkalan, Jawa Timur tanggal 26 November 2015. Dalam sambutannya, Ia menegaskan keberadaan Center sebagai perwujudan semangat Pekka dalam meraih kesetaraan dan keadilan sosial melalui pemberdayaan perempuan kepala keluarga. Center sebagai pusat  aktivitas kelompok Pekka akan semakin berkembang fungsinya searah dengan pemberdayaan dan pemandirian Pekka.

Read more: PERESMIAN CENTER PEKKA MARLENA, JAWA TIMUR

Forum Pemangku Kepentingan Perlindungan Sosial di Madura

Pada tanggal 26 Mei 2015, Serikat Pekka Madura, Jawa Timur menyelenggarakan pertemuan Forum Pemangku Kepentingan yang bertempat dirumah bapak apel (bapak RW) di desa Jengkar, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Bangkalan. Peserta yang hadir adalah perwakilan anggota Pekka, pengurus Serikat, kader dari Kabupaten Bangkalan, ditambah tokoh masyarakat, kepala desa, sekcam, dan Dinas seperti Dinsos dan Tenaga kerja, Bappeda, Pemberdayaan Perempuan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Pemberdayaan Masyarakat Desa, BPJS, Dinas Kesehatan.

Saat kader Pekka menyebarkan undangan ke instansi, yang memberikan respon hanya BPJS dan Dinkes bersedia hadir dalam pertemuan. Sehari sebelum acara, saat dikonfirmasi ulang dinas yang lain tidak memberikan respon ataupun kepastian untuk hadir. Hal ini membuat kader merasa kecil hati dan pesimis bahwa dialog akan dapat dihadiri oleh semua dinas.

Read more: Forum Pemangku Kepentingan Perlindungan Sosial di Madura

PELAKSANAAN KLIKPEKKA ACEH PIDIE

Rabu, 16 September 2015. PEKKA kembali menyelenggarakan kegiatan layanan Bantuan Hukum Keliling “Klik- Pekka” (Klinik Hukum untuk Keadilan Pekka). Kegiatan ini diselenggarakan di Meunasah Karieng yang beralamatkan di Jl. Simpang Blang Malu Kemukiman Jeurat Manyang Kecamatan Mutiara Timur, Pidie.

Kegiatan ini diadakan sehubungan dengan rencana PEKKA dalam mengembangkan Program Layanan Bantuan Hukum bagi masyarakat miskin yang berada di 10 wilayah kerja PEKKA, salah satunya di Kabupaten Aceh Pidie. Bantuan hukum yang ditawarkan merupakan informasi dan sosialisasi pembuatan kartu BPJS, Akte Kelahiran, Isbat Nikah dan Pembuatan Buku Nikah.

Kegiatan yang dihadiri oleh Dinas Mahkamah Syar’iyah, Dinas Capil, Dinas KUA dan BPJS ini mendapatkan respons yang cukup baik dari warga setempat. Namun, ada beberapa warga yang salah paham dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh PEKKA. Masyarakat beranggapan bahwa Serikat Pekka membantu mereka untuk membuatkan Kartu BPJS, Akte Kelahiran dan lainnya sampai dengan kartu tersebut dikeluarkan dan siap digunakan. Padahal PEKKA hanya membantu warga dalam memberikan informasi dan sosialisasi saja.

Read more: PELAKSANAAN KLIKPEKKA ACEH PIDIE

Produksi Film Pekka-NTT: Meraih Pijar Dari Timur

Berdiri di atas panggung diantara ratusan bahkan ribuan penonton dan mendapat tepuk tangan, standing ovation atas sebuah karya film yang telah aku buat menjadi salah satu mimpiku di dunia ini. Dalam beberapa bulan terakhir Seknas PEKKA bekerja sama dengan Biru Terong Initiative untuk membuat sebuah film berskala layar lebar dan berunsur sinematografis. Film ini akan dibuat di pulau Adonara, Nusa Tenggara Timur, salah satu wilayah Pekka yang mengalami perubahan yang cukup dinamis dalam tatanan nilai sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan cara pandang masyarakat terhadap para perempuan kepala keluarga.

Untuk meningkatkan kapasitas tim video seknas pekka, Vivian Idris selaku sutradara dalam film ini mengundang seorang kameraman kawakan yang telah malang melintang di dunia perfilman, German Mintapraja sebagai mentor beserta asistennya Agni Raraswulan. Betapa beruntungnya bisa bekerja sama dengan orang-orang yang mempunyai pengalaman luar biasa dalam perfilman. 

Never be satisfied, and always push yourself, Do or be willing to keep trying the things people say cannot be done. 

Kami (tim video seknas pekka, Biru Terong, mentor beserta asisten) berangakat bersama-sama dari Jakarta menuju pulau Adonara ke Center Pekka Lodan Doe tepatnya. Dalam perjalanannya kita tidak mengalami hambatan yang berarti hanya jarak yang cukup memakan waktu. Sekitar pukul 18.30 Petang waktu Indonesia timur tim sampai di center Pekka lodandoe dan disambut dengan tarian adat yang seketika lelah dalam perjalanan hilang. Setelah penyambutan selesai tim beristirahat untuk persiapan besok pagi memulai aktifitas.

Read more: Produksi Film Pekka-NTT: Meraih Pijar Dari Timur

PEKKA KALSEL MENGIKUTI PELATIHAN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN

13 Oktober 2015, sekitar sepuluh kader Pekka Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Perempuan Dalam Pembangunan, yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab.Hulu Sungai Utara.   

Turut hadir dalam acara tersebut anggota IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Pihak DPRD berharap Serikat Pekka Kab. Hulu Sungai Utara lebih giat dalam pergerakannya untuk berkontribusi dalam tatanan pemerintah. Ia mengajak peserta untuk menindak lanjuti acara ini dengan melakukan hearing/diskusi dengan anggota DPRD tersebut.

Read more: PEKKA KALSEL MENGIKUTI PELATIHAN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN

FaLang translation system by Faboba
National Secretariat
Jl.Pangkalan Jati V No.3 RT 011/05 Kel.Cipinang Melayu,Kec.Makasar Jakarta Timur Jakarta 13620 Indonesia
Phone: +62 21 860 9325 or 862 8706, Fax: +62 21 862 8706
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.