Beranda Pekka dalam Berita Kiai Said Masuk Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

 

Panduan Keadilan Untuk Semua (Interactive)

Cari

Kiai Said Masuk Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Jakarta, NU Online

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj masuk dalam jajaran 50 tokoh paling berpengaruh di dunia tahun 2010. Terdapat tiga tokoh Indonesia yang diangggap paling berpengaruh, yaitu presiden SBY, berada di urutan 9, KH Said Aqil Siroj, urutan 19 dan Din Syamsuddin urutan 39.


Pembuatan ranking tokoh muslim paling berpengaruh di dunia ini dilakukan oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC), sebuah lembaga penelitian independen yang berafiliasi dengan the Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought, sebuah NGO Islam internasional, institute independen yang berkedudukan di Amman Jordania. Rangking tokoh paling berpengaruh ini dikeluarkan setiap tahun sekali.

Sebagai pemimpin NU dengan jutaan pengikut, Kiai Said memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mengendalikan arah dan jalannya organisasi dengan jaringan yang mengakar sampai ke tingkat desa-desa.

Dalam diskripsinya, Kiai Said disebut sebagai tokoh yang memiliki perhatian besar terhadap masalah hak asasi manusia. Ia dianggap sebagai orang yang berjasa dalam melindungi minoritas Kristen dan Katolik di Indonesia.

Kiai Said juga diapresiasi atas pemahamannya dalam bidang keilmuan Islam, sebagai sarana untuk pembangunan. Dia mendirikan Said Aqil Siroj Center di Mesir, sebuah pusat studi yang memfokuskan diri untuk pengembangan wacana keislaman, khususnya di dunia Arab.

50 tokoh yang paling berpengaruh ini didominasi oleh para pemimpin dan raja, ulama dan pemimpin organisasi Islam di masyarakat.

Dalam penjelasan di dlam buku tersebut, monarki banyak mendominasi karena kekuatan politik yang mereka miliki, sementara ulama dan pemimpin organisasi Islam dianggap berpengaruh karena mereka menjadi sumber rujukan dalam berbagai masalah yang dihadapi masyarakat.

Secara keseluruhan, terdapat 500 orang muslim yang dinilai paling berpengaruh. 450 lainnya dibagi berdasarkan kategori tertentu seperti ilmuwan, politisi, birokrat, dan lainnya. Ilmuwan Islam Indonesia paling berpengaruh adalah, Anies Baswedan, Abdullah Bymnastiar, Syafii Maarif. Politisi, Dino Patti Djalal,  Administrator, Sri Mulyani Indrawati, KH Sahal Mahfudh, Nasaruddin Umar, Ulama, Quraisy Shihab, pejuang perempuan, Tuty Alawiyah, Husein Muhammad, dan Nani Zulminarti, pemuda Irfan Amalee, Sains Tri Mumpuni

Terdapat juga kategori sastra. Indonesia diwakili oleh Helvy Tiana Rosa, Qiroah, Hj Maria Ulfah, Media, Haidar Baqir, Endy M Bayumi (Jakarta Post) dan Goenawan Muhammad dan yang dianggap mewakili kelompok radikal Indonesia adalah Abu Bakar Baasyir dan Habib Rizieq.

Penulis: Mukafi Niam

 

 
GALERI
Video Foto Laporan Buletin
Pekka dalam Berita